Rabu, 16 Januari 2019

Lisanmu=Akhlakmu

"Lidah senjata utama
Bagi keselamatan Anda
Pandai-pandailah menjaga
Lidahmu kala berbicara

Kalau bicara baik seperlunya
Jangan bicara kalau sia-sia
Kalau bicara baik seadanya"
(Kutipan lagu Rhoma Irama yg berjudul "Lidah")


Semakin bertambahnya usia, semoga qta bs bijak dalam bersikap dan berlisan. Itulah kedewasaan. 

Dewasa adalah seseorang yg bisa bersikap, berkata, berpikir, mengambil keputusan sesuai dengan porsi dan situasi. Bahkan orang dewasa yg bijak, dia akan jg memikirkan perasaan orang lain. Apakah kata2 yg dituturkan dapat menyinggung perasaan orang lain atau tidak.

Hal kecil adalah, tidak perlu bertanya kapan nikah, kok ngga nikah2, jangan pilih2 lah, saya dulu menikah umur segini, dsb. padahal qta ngga pernah tahu bagaimana dia merajuk pada Sang Penguasa Arsy untuk mempertemukan jodoh, seberapa banyak airmatanya yg mengalir dalam penantian, qta ngga tahu.

Lebih baik, cukup tanyakan, "sudah ada yg dekat belum?" Jika dia jawab belum, dan kebetulan qta ada rekomendasi, bisa dikenalkan. Kalo ngga ada rekomendasi dan ngga punya solusi bermanfaat, alangkah bijaknya tidak usah bertanya macam2 lagi.

Hal lain, untuk pasangan yg belum punya baby. Hal sensitif bertanya tentang sudah hamil belum? Kok belum hamil-hamil...Kok ngga jadi-jadi... Saya dulu baru 1bulan-2bulan sudah hamil, Dsb. Lebih parah lagi, jika dibuat lelucon dengan sesama teman. Astaghfirulloh.
Hellowww, qta ngga pernah tahu, gimana pasangan tsb sudah berjibaku untuk mendapatkan momongan. Airmata tumpah-tumpah memohon pada Sang Khalik untuk menitipkan amanah itu, putra-putri sholeh sholihah. Haruskah jumpa pers untuk menceritakan semuanya.


Jika penasaran, cukuplah bertanya, "sudah isi belum?" Jika dia jawab belum, sudahh cukup sampai disituu. Syukur2 diberikan doa dan wejangan2 bermanfaat.
Banyak hal yg lain dalam kehidupan ini. Perpisahan/perceraian, penyakit dll. Qta ngga boleh memandang sebelah mata.

Semoga qta diberi karunia oleh Allah untuk bisa memahami perasaan orang lain. Sungguh, Allah akan mencatat kebaikan meski sebesar biji zarah. Menjaga perasaan orang lain adalah kebaikan.
Berlisan yang jujur dan bijaksana adalah anugerah. Semoga Allah melindungi qta dari lisan yang jahat. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar