Sabtu, 03 November 2018

[PSIKOLOGI] Ambivert is...

Ilustrasi Kepribadian Ambivert

    Sebagian orang bilang kalo aq pendiam, sebagian lagi ada yang bilang kalo aq orangnya ramah, mudah bergaul, suka jalan-jalan atau travelling bersama teman-teman, tapi sebenarnya aq ada di tengah-tengahnya. Ambivert.
     Iya, kadang butuh waktu untuk 'me time' alias menyendiri, kadang juga butuh untuk bertemu orang-orang atau sekedar melihat orang-orang beraktivitas. 

Berikut ini aq mengutip artikel https://www.hipwee.com/list/10-pergumulan-batin-ini-cuma-dirasakan-oleh-kamu-yang-ambivert/ tentang pergumulan batin yang hanya dirasakan oleh kepribadian Ambivert:

  1. Kamu merasa nyaman berada di tengah kerumunan orang yang ramai. Tapi, kamu cenderung hanya mengamati dan tidak melakukan interaksi.
  2. Kamu bisa merasa lelah setelah banyak bersosialisasi. Dan juga merasa gerah bila terlalu lama menyendiri. 
  3. Kepribadianmu bisa berubah tergantung dengan siapa kamu bicara.
  4. Kamu bisa berkompromi dengan pembicaraan ringan dan basa-basi. Namun, kamu akan lebih tertarik ketika terlibat dalam percakapan yang mendalam dan spesifik.  
  5. Dalam sebuah komunikasi, kamu tak selalu diam dan tak senantiasa bersuara. Kamu hanya menunggu waktu yang tepat saja. 
  6. Bagimu, berkenalan dengan orang baru itu boleh-boleh saja. Berada di tempat baru juga baik-baik saja. Tapi, berkenalan dengan orang baru di tempat yang baru itu baru luar biasa. 
  7. Kamu agak sulit memilih rencana akhir pekan. Pergi ke sebuah pesta mewah atau bergelut sendiri di rumah. Di antara keduanya, tidak ada masalah. 
  8. Kadang kamu terlihat ambigu. Bergaul dengan mereka yang ekstrovert dan menepi bersama mereka yang introvert. Kamu bisa menyesuaikan diri. 
  9. Soal pekerjaan, kamu juga tidak begitu ambil pusing. Buat kamu, pengerjaan proyek secara berkelompok atau individu itu tidak ada bedanya. 
     Sementara dari artikel https://www.rimma.co/56101/inspiration/8-hal-ini-hanya-dialami-orang-berkepribadian-ambivert-ada-berapa-yang-pas-sama-kamu/ juga kurang lebih menyampaikan hal yang sama,
  1. Tahu kapan harus berbicara dan kapan diam
  2. Bisa membaca situasi dan berinisiatif
  3. Menghindari pembicaraan basa basi
  4. Mudah berteman, tetapi selektif dalam memilih teman dekat
  5. Ada saat dimana tak ingin berbicara dengan siapapun
  6. Meski butuh waktu seorang diri, tetapi sering mendapati diri merasa kesepian
  7. Sulit memutuskan kegiatan





 Kamu juga ada yang tipe Ambivert?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar