Minggu, 21 Oktober 2018

[FILM] 17 Again: Ketika kau diberi kesempatan kembali ke usia 17 tahun

  (sumber gambar: http://www.fanpop.com/clubs/17-again/images/34632285/title/17-again-wallpaper)
    
Suntuk? Jenuh? Sedih? Butuh hiburan? Film 17 Again bisa menjadi salah satu film pilihan kalian sebagai hiburan!
Film ber-genre drama fantasy comedy ini dijamin bisa mengocok perutmu. Film yang dirilis tahun 2009 dibintangi aktor tampan bermata indah, Zac Efron, setidaknya akan bisa membuatmu tersenyum lebih dari 10 kali dan tertawa paling sedikit 5 kali selama menonton film ini.
Film yang bercerita tentang keluarga dan percintaan satu ini sangat mudah untuk disukai. Apalagi dengan alur cerita yang tidak rumit dan bergaya bahasa ringan. Banyak dialog lucu dan segar yang membuat film ini semakin menarik dan sayang untuk dilewatkan tiap-tiap scene-nya.
17 Again meyuguhkan cerita seorang pria dewasa yang mengalami sebuah keajaiban dalam hidupnya, yaitu mendapatkan kesempatan kembali muda menjadi laki-laki SMA berusia 17 tahun yang penuh pesona dan bertubuh atletis. Waw, bagaimana seandainya kalau kamu diberikan kesempatan itu?
Di sini Zac Efron berperan sebagai young Mike, sedangkan aktor kawakan Matthew Parry sebagai old Mike. Mike memiliki seorang istri bernama Scarlet yang diperankan oleh aktris Leslie Mann.
Mike yang sudah berusia 37 tahun mengalami kemunduran kualitas diri. Dia kehilangan rasa percaya diri dan misi hidup. Tidak punya arah lagi, sehingga berdampak pada rumah tangganya menjadi berantakan. Scarlet menggugat cerai Mike. Sedangkan hubungan kedua anak mereka, Maggie dan Alex, semakin lama semakin merenggang dengan ayahnya. Mike bahkan kebingungan bagaimana cara membahagiakan Maggie dan Alex, anak kandungnya sendiri. Malang. Payah. Pecundang. Mungkin itu yang diumpat Mike pada dirinya sendiri.
Hingga suatu ketika, dalam perjalanan mengendarai mobil, Mike melihat seorang kakek-kakek yang tidak dikenal di tepi jembatan yang menarik perhatiannya. Kakek itu tersenyum pada Mike lalu terjun ke bawah jembatan. Mike terkejut dan panik. Dia spontan berusaha menolong Si Kakek misterius itu. Namun sialnya, Mike justru tercebur ke sungai tanpa bisa menemukan sosok kakek tersebut.
Mike pulang dengan kondisi sangat kotor. Lalu dia mandi membersihkan diri tanpa ada rasa curiga apapun. Betapa luar biasa terkejutnya Mike saat melihat tubuhnya berubah menjadi tubuh orang lain. He become young again!
Kemudian dia menemui sahabat karibnya, Ned. Mereka bersahabat sejak kecil. Ned sejak dulu adalah anak jenius tapi cupu dan weird, benar-benar weird. Hingga dewasa, Ned masih seperti itu. Meski begitu, Mike masih merajut persahabatan dengan Ned. Dia tahu sahabatnya itu aneh tapi sangat baik, sehingga dia meminta pertolongan pada Ned untuk memberinya pencerahan atas perubahan tubuhnya menjadi pemuda 17 tahun lagi. Kisah persahabatan mereka menyuguhkan aksi yang bisa memicu gelak tawa.
Atas insiden 17 again yang terjadi pada Mike, akhirnya mereka menenetukan kesepakatan. Mike ingin menjadi siswa SMA lagi dan masuk ke sekolahan yang sama dimana dulu keduanya menuntut ilmu. Di sekolah itu pula dimana tempat Maggie dan Alex bersekolah.
Mike memperoleh ilham bahwa hal ini adalah kesempatannya untuk memperbaiki diri. Dia ingin menjadi seorang ayah yang baik. Dia ingin membuat kedua anaknya bahagia dan menjadi generasi muda yang berguna. Mike ingin menunjukkan bahwa betapa dia menyayangi anak-anaknya. Sementara itu, dengan cara mendekati Maggie dan Alex lewat pertemanan ala anak muda – young Mike menyamar sebagai Mark – dia berharap akan mendapat kesempatan untuk mendekati istrinya kembali. Sambil menyelam minum air.
Untuk bisa diterima di sekolah, Ned mau berpura-pura menjadi wali murid Mike. Meski Mike sebenarnya adalah pria dewasa, namun dia harus menyesuaikan diri dengan berpenampilan belia. Yup, sebagai Mark.
Di sekolahan tersebut, Ned jatuh cinta pada kepala sekolah itu. Banyak kekonyolan dan aksi menggelikan saat Ned berusaha merebut hati Jane, Si Kepala Sekolah.
Setelah Ned berhasil bernegosiasi dengan kepala sekolah, Mike berhasil diterima di sekolah tersebut. Menurutku, Zac Efron sukses berperan sebagai siswa SMA yang penuh dengan pesona. I love his eyes....
Situasi semakin seru saat Mike semakin berambisi untuk menyelamatkan anak-anaknya dari belenggu ‘kejahatan’ di sekolah. Maggie berpacaran dengan Stan, siswa bad boy berotak kotor penuh nafsu dan sok berkuasa di sekolah. Mike tentu ingin memisahkan mereka berdua. Dia ingin membuka mata dan membuktikan pada Maggie bahwa pemuda macho itu tidak lain adalah buaya darat yang tidak pantas dijadikan kekasih.
Ada  salah satu best scene yang berkesan buatku, saat ada pelajaran di health class. Mike mengikuti kelas tersebut bersama Maggie dan Stan. Mike muak saat melihat putri cantiknya berciuman dengan pemuda menjijikan seperti Stan. Ingin rasanya Mike menghajar Stan! Sebagai sesama laki-laki, Mike bisa memahami bahwa Stan tidak mencintai Maggie dengan tulus. Otak Stan hanya ‘kotoran’! Kemudian, bak siswa motivator di kelas, kebetulan Mike mendapat timing untuk menjelaskan bahwa making love hanya dilakukan oleh 2 orang manusia yang saling mencintai dan sudah menikah. Waw! Mike juga memaparkan secara tidak sengaja curahan hatinya bagaimana momen seorang pria saat bayi perempuannya lahir, lalu menggendongnya, betapa dia sangat mencintai anak perempuannya sepenuh hati. Dari situ Mike berhasil menarik perhatian teman-temannya termasuk Maggie.
Sementara itu, hati Mike juga merasa sangat teriris saat melihat putranya, Alex, yang pendiam dan pemalu itu menjadi bahan bully-an teman-temannya. Mike ingin menumbuhkan rasa percaya diri dan keberanian Alex supaya tidak disepelekan temannya. Apalagi ternyata Alex menurun bakat Sang Ayah, jago bermain basket. Mike mendekati Alex, lalu menjalin pertemanan. Mike yang dulunya pebasket jagoan di SMA tersebut, sangat mudah untuk melatih Alex menjadi pemain basket yang baik dan bermisi supaya Alex bisa diterima ke tim basket sekolah.
Hubungan Mike dan Alex semakin dekat sebagai teman, Mike bisa sering datang ke rumah Scar, panggilan sayang kepada istrinya. Sambil menunggu sidang perceraian, Mike dan Scar tinggal terpisah. Maggie dan Alex ikut dengan ibunya.
Pada awal Mike datang ke rumah Scar, wanita dewasa yang masih terlihat cantik dan sexy itu terkejut, Ned mengaku sudah punya anak, yaitu Mark. Padahal setahu Scar, Ned belum menikah. Kemudian dia semakin terkejut melihat Mark bagai melihat kembali sosok suaminya kala muda. SAMA PERSIS. Namun, sahabat Scar, Naomi, meyakinkan Scar supaya tidak tergoda dengan kenangan masa lalu dan sanggup menatap masa depan. Scar segera sadar bahwa dia tidak boleh terbawa perasaan. Apalagi dia sudah memiliki pacar baru.
Mike sedih. Namun dia pantang menyerah untuk menarik perhatian Scar. Bahkan sikap sweet, romantis dan santun dari Mark, teman anak laki-lakinya itu bisa membuatnya salah tingkah dan besar kepala. Scar terheran bagaimana bisa anak ingusan seusia Mark berkata-kata yang membuat hatinya berbunga-bunga dan tersanjung.
Satu persatu, misi Mike berhasil. Alex diterima masuk tim basket sekolah dan dia sudah berani untuk mendekati siswi yang ditaksirnya. Sedangkan Maggie akhirnya putus dengan Stan.
Mike berusaha menghibur Maggie agar tidak down berlarut-larut dan segera move on. Bagi Mike, Maggie putus dengan Stan adalah berkat! Namun ada kendala kecil datang, saat putri pertamanya itu menggoda Mike karena kagum dan gemas menjadi satu. Apalagi sosok Mark adalah lovable banget! Ganteng, baik, jago basket, pintar, santun!
Tidak jauh berbeda dengan Scar. Hati wanita itu juga tersentuh menghadapi sikap lembut dan perhatian Mark. Scar melihat Mark seperti sosok suaminya. Anak muda itu bisa paham apa yang dia suka. Suatu momen, saat Mark dan Scar berbicara berdua, Mark – Si Mike jadi-jadian – tidak bisa menyembunyikan rasa cintanya pada Sang Istri dengan cara menciumnya. Scar shock. Tak kurang Maggie pun ikut shock dan cemburu... Dia menganggap Mark sebagai penggoda ibu-ibu!
Mike sesungguhnya masih sangat mencintai istrinya. Dia tidak ingin bercerai. Namun Scar masih ingin melanjutkan sidang perceraian.
Adegan paling mengharukan menjelang ending film, saat sidang perceraian berlangsung, Mike tidak bisa hadir. Hakim hampir saja mengetuk palu untuk memutuskan hasil sidang. Namun Mark dan Ned tiba-tiba datang. Mark berpura-pura membawa surat dari Mike, selaku suami yang digugat cerai oleh Scar.
Isi surat itu dibaca oleh Mark dengan lancar bahkan tanpa membaca teks. Hati Scar tergetar. Isi surat itu tulus dan indah. Mengapa Mark membaca teks surat itu seperti mencurahkan isi hati.... Bahkan Scar bisa melihat ketulusan dari mata Mark.
Scar surut hati untuk bercerai hari itu. Kemudian hakim menunda sidang tersebut.
Di sisi lain, ibu Maggie dan Alex itu penasaran dengan surat yang dibawa Mark. Kemudian dia mengambil secarik kertas tersebut yang ditinggalkan pemuda ganteng itu. Dia tertegun karena surat itu ternyata kosong tanpa teks!
Apakah Scar tetap ingin bercerai dengan suaminya?
Apakah Mark bisa kembali menjadi Mike seperti sedia kala?
Kamu bisa tonton bersama keluarga, sahabat, ataupun pasangan. Film ini cocok untuk usia di atas 18 tahun ya.... Aku kasih score 9/10 untuk film ini.
Mencintai itu tidak selalu dengan memiliki dan menggenggamnya erat-erat. Begitu juga Mike, mencintai seseorang dengan melepaskannya untuk membiarkannya bahagia dengan cara dia sendiri. Bukan berarti melepaskan tanpa ada perjuangan untuk mempertahankan. Jika setelah melepaskan dan dia akhirnya kembali bersamamu, maka kalian adalah cinta sejati...💗

Data film:
Sutradara            : Burr Steers
Produser             : Adam Shankman
                             Jennifer Gibgot
Durasi                 : 102 menit
Asal film             : Amerika Serikat
(sumber: wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar