Minggu, 21 Oktober 2018

[FILM] Aku, Kau dan KUA: Kita tidak pernah tahu pada siapa cinta akan berlabuh



(sumber gambar: https://id.wikipedia.org/wiki/Aku,_Kau_%26_KUA)

Persahabatan jadi cinta, sudah menjadi hal biasa. Namun cinta tidak pernah berubah, sebab cinta sejati selalu menjadi misteri. Kita tidak pernah tahu pada siapa cinta akan kita akan berlabuh. Kita tidak pernah tahu kapan dan di mana kita berjumpa dengan cinta sejati kita. Kita juga tidak pernah tahu bahwa cinta harus jatuh pada sahabat sendiri. Semakin kita mengingkari, semakin membuat hati perih.
Film Aku, Kau dan KUA recomended untuk ditonton! Film genre drama comedy memang tidak membuat bosan. Terutama film-film yang dapat menyuguhkan pesan moral yang baik buat penonton, termasuk film yang satu ini.
Sebenarnya film yang rilis di tahun 2014 ini sudah beberapa kali ditayangkan di TV nasional, namun sayangnya agak banyak scene yang dipotong – yeah... maklum faktor durasi tayang – karena aku sudah nonton full film-nya, jadi merasa kurang puas setelah nonton dari TV nasional.
Point-point yang patut di-checklist dari film adalah pertama, dialog-dialog yang segar dan kocak namun film ini tidak kehilangan makna pesan moral yang terkandung dalam isi cerita. Kedua, mengisahkan kehidupan anak muda yang realistis – apalagi jika kalian pernah batal nikah padahal sudah sebar undangan, pernah menjadi pemuja rahasia yang tidak punya nyali, pernah putus dan masih ngenes meski tahu pacar kita brengsek, pernah menjadi mantan yang terbuang dan tragis ditinggal nikah, ataupun pernah menjadi the best seorang motivator asmara tapi masih jomblo – kengerian-kengerian naudzubillah mindalik dalam dunia asmara itu bikin diri kita senyam-senyum sendiri karena mungkin pernah mengalami. Ketiga, nonton tidak cukup satu kali. Keempat, ada Adipati Dolken yang acting-nya tidak perlu diragukan dan biasanya film dia bagus. Kelima, kalau kamu sedih, bisa bikin kamu happy J.
Di film ini memainkan banyak aktor-aktris pemain. Namun jangan khawatir, tidak akan membuat kita bingung memahami film lucu ini!
Adipati Dolken berperan sebagai Rico. Rico menjalin persahabatan dengan Uci, Deon, Fira, Mona dan Pepi.
Rico adalah anak kost yang ganteng, keren dan berkantong tipis tapi punya pacar cantik, bawel, kaya dan sosialita, Aida. Pasangan yang sudah jelas ending hubungannya bagaimana. Bagai air dan minyak, tidak bisa bersatu. Rico bahkan harus berhutang-hutang demi untuk menyenangkan hati Aida, shopping. Ampun Rico kenapa mau menjalani hubungan seperti ini? Nikah aja belum tentu, sudah mau berhutang-hutang demi pacar. Mending taubat aja.
Deon, pemuda pemalu ini diam-diam mencintai Fira sejak lama. Namun gadis manis itu sudah memiliki calon suami dan akan menikah. Siapa sangka, bahwa Fira batal menikah karena Lando – calon suami Fira yang ganteng dan romantis – ketauan biang keladinya, Lando adalah pria buaya darat! Hal ini memberikan secerca harapan bagi Deon untuk merebut hati Fira. Tidak tanggung-tanggung, Deon ingin menikahi Fira.
Mona, gadis cantik tapi cerewet ini juga memiliki kisah asmara yang menggelikan. Mona berinisiatif memakai hijab pasca putus dari pacarnya yang memang sebenarnya tidak patut dijadikan pacar. Tanpa sadar, Mona berhijrah dengan niat yang salah, yaitu hanya untuk pelarian patah hatinya.
Pepi, pemuda berambut kribo yang lucu dan hobi fotografi ini memberikan keceriaan di tengah-tengah sahabat-sahabatnya. Dia se-kost dengan Rico & Deon.
Sedangkan Uci adalah gadis imut-imut, pintar, berhijab, paling dewasa dan bijaksana. Dia selalu menjadi motivator bagi sahabat-sahabatnya yang tertimpa masalah atau musibah. Namun siapa yang tahu, bahwa Uci juga butuh seseorang yang mencintainya dengan tulus.
Mereka memiliki konflik masing-masing. Rico yang harus menanggung malu ditolak mentah-mentah oleh Aida saat memberanikan diri melamarnya di depan umum. Harga diri Rico seperti diinjak-injak, selain cincin untuk Aida dibuang oleh gadis itu, lalu ternyata tanpa sepengetahuan Rico, Aida tiba-tiba sudah dijodohkan oleh orangtuanya dengan pria mapan dan rupawan. Rico patah hati dan down. Beruntung, ada Uci yang bisa memberikan nasihat-nasihat bijak dan menghibur Rico.
Sementara itu, Deon yang sudah mulai aktif mendekati Fira, dia mengajak Fira taaruf. Awalnya, Fira bimbang. Namun berkat pencerahan dari Uci, akhirnya Fira mencoba membuka hati dan mau menerima taaruf dari Deon.
Sedangkan Mona yang sudah mulai berhijab, kembali jatuh hati dengan orang yang salah. Padahal pria yang menjadi penulis buku dan pernah menjadi narasumber di acara reliji-motivasi tersebut lebih cocok sebagai paman Mona, apalagi dia sudah beristri dan memiliki 2 anak. Syukurnya, lagi-lagi Uci yang bisa menyadarkan dan menolong sahabatnya di kala kehilangan arah. Mona pun sadar bahwa hijrahnya selama ini salah. Dia berhijab bukan untuk memperbaiki diri, melainkan hanya terobsesi mendapatkan kekasih sholeh. Padahal, jika kita tulus memperbaiki diri, maka kita akan dipertemukan dengan seseorang yang juga sedang memperbaiki diri alias orang yang baik. Orang baik akan dipertemukan dengan orang yang baik. Biasanya, jodoh datang pada saat yang tak diduga-duga dan dia adalah seseorang yang tidak kita kira atau yang pernah kita abaikan dulu.
Setiap usaha yang tekun akan memberikan hasil. Hal itu selaras dengan usaha Deon yang ingin mendapatkan wanita yang baik dengan cara yang baik. Taaruf, lalu jika cocok, selanjutnya akan menikah. Deon akhirnya bisa menikah dengan Fira, sahabat sekaligus pujaan hatinya itu.
Satu persatu, permasalahan sahabat-sahabatnya clear, namun Rico dan Uci masih terbelenggu keragu-raguan, apakah cinta yang tumbuh di antara mereka patut dilanjutkan. Uci khawatir bahwa Rico tidak tulus mencintainya, apalagi setelah tahu kisah masa kelam Uci di masa lalu. Sedangkan Rico juga bertanya pada dirinya, sanggupkah menerima konsekuensi hubungan long distance sebab Uci akan menjalani kuliah S2 di Jerman.
Tresno jalaran soko kulino (cinta karena sudah terbiasa bersama). Rico jatuh hati pada Uci. Gadis itu selalu ada untuk Rico dan bisa tulus memahami kondisi Rico apa adanya.
Rico pun harus menentukan pilihan, melepaskan wanita sebaik Uci ATAU menikahi gadis itu dengan konsekuensi yang ada?
Tonton aja full film-nya ya! Aku kasih score 8.5 untuk film ini. Oh ya, OST. film ini sangat familiar lho. Lagu itu dinyanyikan oleh jebolan X-Factor Indonesia, Fatin & Mikha The Overtunes berjudul ‘Kaulah Kamuku’.
(sumber gambar: https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/ulasan/read/12230/aku-kau-and-kua-sudah-cukupkah-modal-nikah-anda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar